RSS

Peranan Keiretsu dalam Perekonomian Jepang 1953-1973

23 Jan

    Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kondisi sosial ekonomi Jepang sebelum tahun 1953 begitu terpuruk akibat kekalahan dalam PD II, namun perekonomian Jepang mampu bangkit dari keterpurukan yang disebabkan oleh adanya peranan keiretsu dalam perekonomian Jepang. Keiretsu merupakan penggabungan kegiatan bisnis dari puluhan bahkan ratusan perusahaan yang terpusat pada sebuah bank. Keiretsu bergerak umumnya pada tiga jenis usaha. Ketiga jenis usaha tersebut yaitu bank, trading company, dan manufaktur yang secara bersama merupakan inti (core) dari Keiretsu dan yang kemudian menjadikan keiretsu sebagai kelompok bisnis terbesar dan yang paling menentukan di Jepang.
Kebanyakan dari keiretsu merupakan metamorphosis dari zaibatsu, yaitu kelompok perusahaan yang dimiliki oleh satu keluarga tertentu. Namun pada masa penduduk Sekutu zaibatsu dibubarkan dan membentuk keiretsu. Ada beberapa faktor yang mendorong lahirnya keiretsu selain zaibatsu, diantaranya adalah perang Korea dan karakteristik masyarakat Jepang yang masih memegang teguh nilai tradisional. Walaupun keiretsu merupakan perusahaan yang modern, namun dalam menjalankan perusahaannya masih memegang nilai-nilai leluhur, seperti hierarki, kebersamaan, dan semangat bushido yang telah ada sejak zaman samurai.
Keiretsu sangat berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian Jepang, salah satunya adalah dengan meningkatkan industri Jepang yang sempat hancur akibat perang. Selain itu keiretsu juga berperan dalam perdagangan internasional. Perusahaan keiretsu melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di luar Jepang. Dengan keterlibatan keiretsu dalam perdagangan internasional dapat menambah pemasukan devisa bagi Jepang, terutama pada masa perang Korea. Jepang dijadikan Negara buffer stat oleh Amerika Serikat, sehingga secara tidak langsung Amerika Serikat membantu pemulihan ekonomi Jepang yang hancur akibat kekalahan Jepang dalam PD II. Jepang harus menyediakan peralatan untuk keperluan militer Amerika Serikat, hal itu meningkatkan industri berat Jepang terutama dalam industri persenjataan. Hal tersebut merupakan pemasukan tersendiri bagi Jepang.
Selain memiliki peranan dalam perekonomian Jepang, keterlibatan keiretsu dalam perekonomian Jepang juga memiliki berbagai dampak. Dampak yang ditimbulkan oleh keiretsu yang pertama adalah terjadi pertumbuhan ekonomi yang cepat yang diakibatkan oleh meningkatnya perdagangan nasional yang diiringi dengan bertambahnya pendapatan nasional Jepang. Selain itu, meningkatnya kemajuan teknologi. Hal ini disebabkan banyaknya penelitian dan kerjasama dengan Negara lain untuk meningkatkan teknologi dalam rangka memperbaiki kualitas produk.

 
Leave a comment

Posted by on January 23, 2012 in Japanese

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: